Friday, 25 August 2017 00:43

Sejarah SMK Negeri 1 Ambon

Written by
Rate this item
(0 votes)

SMK NEGERI 1 AMBON sebelumnya bernama SMEA Negeri Ambon pada tahun 1954. Pada waktu itu SMEA Negeri 1 Ambon masih menggunakan gedung sekolah yang lama berlokasi di Tanah Tinggi Ambon.

Pada Tahun 1973, SMEA Negeri 1 Ambon pindah ke Karang Panjang dan menggunakan gedung SMEP Negeri 1 Ambon. Selanjutnya SMEA Negeri 1 Ambon memiliki gedung tersendiri yang cukup megah dengan peralatan praktek yang cukup canggih. Gedung ini dibangun dengan dana ADB (Asian Development Bank) yang berlokasi di tempat yang sa ma, yaitu Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kotamadya Ambon. Sejak dimekarkan hingga saat ini SMEA Negeri 1 Ambon telah beberapa kali mengalami pergantian Kepala Sekolah sebagai berikut:

Periode  1964 (Pemekaran)
Kepala Sekolah Drs D. Soplantila

Periode 1964 – 1965
Kepala Sekolah H. J. Soenarko

Periode 1965 – 1967
Kepala Sekolah Ph. Suripaty

Periode 1967 – 1980
Kepala Sekolah Drs. B. J. V. Lengkong

Periode 1980 – 1988
Kepala Sekolah Drs. M. Tuanakotta

Periode 1988 – 1994
Kepala Sekolah Ny. J. Soplantila, BA.

Dengan adanya UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang dilengkapi dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 tahun 1990, maka sejak tahun 1997 itulah SMEA berubah namanya menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Yang meneruskan kepemimpinan di SMK Negeri 1 Ambon  ini mulai tahun 1997, adalah sebagai berikut :

Periode 1994 – 2002
Kepala Sekolah D. Silahooy, BBA

Periode 2002 – 2006
Kepala Sekolah D. Sakalessy, Amd. Pd

Periode 2006 - 2014
Kepala Sekolah Drs. J. S. N. Soukotta

Periode 2014 hingga kini
Kepala Sekolah Steven Latuihamallo. S.Pd

Selanjutnya  seiring dengan animo masyarakat serta perkembangannnya maka pada tahun 2004, SMK NEGERI 1 AMBON membina 4 (empat ) Kompetensi Keahlian yakni:

Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran

Kompetensi Keahlian Akuntansi

Kompetensi Keahlian Pemasaran

Kompetensi Keahlian Pariwisata

Sebagai salah satu Sekolah Berprestasi yangt ditetapkan pemerintah pusat dan berada di Provinsi Maluku,  SMK NEGERI 1 AMBON selalu mengutamakan mutu dan dalam melaksanakan aktivitas belajar mengajar dan praktek selalu berdasarkan standar-standar yang berlaku sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku dan dilaksanakan oleh personil-personil  yang berkualifikasi pada bidang pekerjaannya.

SMK NEGERI 1 AMBON menempatkan sumber daya manusia sebagai manusia-manusia  yang sangat berharga bagi Dunia Usaha dan Industri (DU/DI) serta Instansi Pemerintah sehingga   selalu   mengupayakan pengembangannya melalui  pelatihan-pelatihan baik yang dilaksanakan secara internal  maupun eksternal Yaitu Program pembelajaran di Sekolah dan Program Praktik Industri di DU/DI dan Instansi Pemerintah yang terkait.

Perjalanan Panjang dari SMK NEGERI 1 AMBON yang didirikan sejak tahun 1954 dengan status negeri, Akhirnya pada tahun 2008/2009 atas kemauan dan kerja keras semua pihak, hingga saat ini telah menjadi Sekolah yang masuk dalam RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional dan sedang  menerapkan Sistim Menejemen Mutu ISO 9001 : 2008 untuk mendapatkan pengakuan Sertfikasi ISO tersebut.

Adapun dalam operasionalnya SMK NEGERI 1 AMBON telah mendapat Berbagai bantuan dari Pemerintah khususnya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahrga Kabupaten Bantaeng, Dinas Pendidikan Propinsi Sulawesi Selatan, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, serta  Orang Tua Siswa.

NILAI - NILAI 
Nilai-nilai yang dikembangkan di SMK NEGERI 1 AMBON adalah: 

Inovatif

:

Bersemangat, kreatif, inisiatif, menyukai tantangan, selalu ingin meningkatkan prestasi.

Nilai Moral Tinggi

:

Beriman dan bertakwa, berbudi pekerti dan berdisiplin.

Terampil

:

Menguasai Kompetensi dan IPTEK

Adi Layanan

:

Mengutamakan pelayanan prima, sopan dan ramah

Nuansa Industri

:

Orientasi pasar kerja, memiliki etos kerja, serta tetap berusaha mengembangkan diri 

TUGAS dan FUNGSI 

Sedangkan fungsi SMK NEGERI 1 AMBON mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang Bisnis Manajemen dan Pariwisata adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak peserta didik dalam rangka pembentukan peradaban bangsa yang bermartabat serta mencerdaskan kehidupan bangsa; bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.  

 

Read 1633 times Last modified on Tuesday, 29 August 2017 14:29
More in this category: « SMK Negeri 1 Ambon Visi dan Misi »